REFLEKSI TERBIMBING MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
1.
Apa
yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang
berdampak pada murid?
Jawab: Setelah mempelajari pengelolaan program yang
berdampak pada murid, saya mendapat
pengetahuan dan pemahaman baru tentang cara menyusun sebuah program yang
berdampak pada murid baik itu intrakurikuler, ko-kurikuler dan ekstrakurkuler. Penyusunan
program ini harus berprinsip pada kepemimpinan murid dengan mempertimbangkan
suara murid, pilihan murid dan kepemilikan murid serta tidak lupa memasukkan
minimal 1 karakter lingkungan yang menumbuhkan kepemimpinan murid. Adapun
pelaksanaannya dapat bekerjasama dengan komunitas seperti komunitas keluarga,
komunitas kelas dan antar kelas, komunitas sekolah, komunitas sekitar sekolah
dan komunitas yang lebih luas
2.
Apa
yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang
pengelolaan program yang berdampak pada murid?
Jawab:
Yang mengejutkan yang saya temukan dalam proses pembelajaran tentang
pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah ketika murid menjadi pemimpin
dalam pembelajaran mereka sendiri sebenarnya murid sudah memiliki suara
(voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) sehingga siswa dapat
mengembangkan kapasitas dirinya sebagai pemilik bagi proses belajarnya sendiri
3.
Apa
yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari
materi ini?
Jawab:
Saya akan mengevaluasi program sekolah yang sudah memperhatikan suara, pilihan
dan kepemilikan murid. Apakah program tersebut sudah berjalan sesuai dengan
rencana atau belum. Setelah dievaluasi kemudian diadakan perbaikan terkait
dengan kekurangan yang ada. Misalnya pojok baca. Akan saya adakan evaluasi kenapa minat baca
siswa terhadap pojok baca masih rendah dan bagaimana solusi untuk meningkatkan
minat baca siswa
4.
Apa
yang menantang bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul
ini?
Jawab:
Yang menantang saya untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini adalah
bagaimana caranya menumbuhkembangkan kepemimpinan murid dan menentukan program
apa yang berdampak pada murid dengan memperhatikan suara, pilihan dan kepemimpinan
murid
5.
Sumber-sumber
dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang
berdampak pada murid.
Jawab:
Dukungan Kepala Sekolah selaku pemangku kepentingan, rekan sejawat, murid,
orangtua dan komite serta dukungan berupa sarana prasarana serta lingkungan
yang sehat dan nyaman.
Komentar
Posting Komentar