REFLEKSI TERBIMBING MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

REFLEKSI TERBIMBING MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID


1.    Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid? 

Jawab: Setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid,  saya mendapat pengetahuan dan pemahaman baru tentang cara menyusun sebuah program yang berdampak pada murid baik itu intrakurikuler, ko-kurikuler dan ekstrakurkuler. Penyusunan program ini harus berprinsip pada kepemimpinan murid dengan mempertimbangkan suara murid, pilihan murid dan kepemilikan murid serta tidak lupa memasukkan minimal 1 karakter lingkungan yang menumbuhkan kepemimpinan murid. Adapun pelaksanaannya dapat bekerjasama dengan komunitas seperti komunitas keluarga, komunitas kelas dan antar kelas, komunitas sekolah, komunitas sekitar sekolah dan komunitas yang lebih luas

2.    Apa yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid? 

Jawab: Yang mengejutkan yang saya temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah ketika murid menjadi pemimpin dalam pembelajaran mereka sendiri sebenarnya murid sudah memiliki suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) sehingga siswa dapat mengembangkan kapasitas dirinya sebagai pemilik bagi proses belajarnya sendiri

3.    Apa yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?

Jawab: Saya akan mengevaluasi program sekolah yang sudah memperhatikan suara, pilihan dan kepemilikan murid. Apakah program tersebut sudah berjalan sesuai dengan rencana atau belum. Setelah dievaluasi kemudian diadakan perbaikan terkait dengan kekurangan yang ada. Misalnya pojok baca.  Akan saya adakan evaluasi kenapa minat baca siswa terhadap pojok baca masih rendah dan bagaimana solusi untuk meningkatkan minat baca siswa

4.    Apa yang menantang  bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini?

Jawab: Yang menantang saya untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini adalah bagaimana caranya menumbuhkembangkan kepemimpinan murid dan menentukan program apa yang berdampak pada murid dengan memperhatikan suara, pilihan dan kepemimpinan murid

5.    Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid.

Jawab: Dukungan Kepala Sekolah selaku pemangku kepentingan, rekan sejawat, murid, orangtua dan komite serta dukungan berupa sarana prasarana serta lingkungan yang sehat dan nyaman.












 

Komentar